Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SD No. 3 Sibanggede melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD No. 3 Sibanggede yang berjumlah 24 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga Siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat data dari Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar yaitu sebagai berikut: Pada Pra siklus ratarata hasil belajar siswa adalah 62,9 dengan ketuntasan belajar 46%, siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 67,5 dengan ketuntasan belajar 67% , siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,7 dengan ketuntasan belajar 88% dan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,6 dengan ketuntasan belajar 96%. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SD No 3 Sibanggede.
Copyrights © 2024