Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah pada siswa Kelas VI SDN 1 Galungan Tahun Pelajaran 2024/2025? (b) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa Kelas VI SDN 1 Galungan Tahun Pelajaran 2024/2025?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah. (b) Ingin mengetahui pengaruh prestasi belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Galungan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (50%) dan siklus II (75%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian, partisipasi, dan motivasi belajar Siswa SDN 1 Galungan, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.
Copyrights © 2024