Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KALIMAT TRANSITIF DAN INTRANSITIF DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BATUR

Sutrisna, I Kadek (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kalimat transitif dan intransitif dengan model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Batur, Bangli, Bali tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Batur yang berjumlah 20 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes melalui tes obyektif. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Batur dapat meningkatkan hasil belajar kalimat transitif dan intransitif. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kalimat transitif dan intransitif yaitu siklus I sebesar 73, daya serap 73%, dengan ketuntasan belajar klasikal 70%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kalimat transitif dan intransitif pada siklus II yaitu sebesar 87, daya serap 87%, dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...