Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kalimat transitif dan intransitif dengan model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Batur, Bangli, Bali tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Batur yang berjumlah 20 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes melalui tes obyektif. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Batur dapat meningkatkan hasil belajar kalimat transitif dan intransitif. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kalimat transitif dan intransitif yaitu siklus I sebesar 73, daya serap 73%, dengan ketuntasan belajar klasikal 70%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kalimat transitif dan intransitif pada siklus II yaitu sebesar 87, daya serap 87%, dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.
Copyrights © 2024