Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Think-Pair-Share (TPS) dan storytelling terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas 4 SD Negeri 4 Pucaksari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretestposttest. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok siswa kelas 4, yaitu kelompok eksperimen yang diterapkan dengan pendekatan TPS dan storytelling, serta kelompok kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berbicara adalah lembar observasi dan tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan berbicara siswa setelah diterapkannya pendekatan TPS dan storytelling, dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan metode konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan TPS dan storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara efektif. Oleh karena itu, penerapan kedua pendekatan ini diharapkan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang bermanfaat.
Copyrights © 2024