Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

Pengembangan Lembar Kerja Pesera Didik Mata Pelajaran Praktik Penerapan Rangkaian Elektronika Di SMK 1 Muhammadiyah Banda Aceh

Kurrahman, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sangat diperlukan dalam pembelajaran untuk mendukung siswa dalam menstimulasi kemampuan menyelesaikan berbagai permasalahan belajar. Namun demikian, tidak semua LKPD mampu menstimulai dan memotivasi peserta didik untuk lebih giat dalam belajar. Oleh karenanya diperlukan pengembangan LKPD sehingga menjadi lebih menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pengembangan LKPD ini mengadopsi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Lee dan Owens yaitu analisis desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Tetapi, untuk pengembangan LKPD ini, peneliti hanya membatasi sampai tahap development (pengembangan) dan telah dimodifikasi. Hasil pengembangan LKPD pada materi Mendemonstrasikan rangkaian pengatur nada layak digunakan dilihat dari aspek kevalidan. Dimana hasil validasi materi diperoleh skor 4,60 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, hasil validasi media diperoleh rata-rata 4,30 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, LKPD yang telah dikembangkan dan diimplemtasikan di kelas XI Jurusan Teknik Audio Video SMK 1 Muhammadiyah Banda Aceh mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata tes siswa 77,33 dan ketuntasan belajar mencapai 80%. Selain itu, sebanyak 60% siswa sangat setuju dengan penggunaan LKPD dalam pembelajaran penerapan rangkaian elektronika, selanjutnya 26,67% setuju dan sebanyak 13,33% siswa kurang setuju sebanyak 86,67% siswa merespon dengan baik penggunaan LKPD dalam pembelajaran materi mendemonstrasikan rangkaian pengatur nada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian dari praktik (model) pendidikan dan pengajaran di Indonesia. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan (Mahasiswa, Dosen, guru,) pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember. ...