Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SD INPRES 3 TONDO

Dini Madriani (Unknown)
Sri Mulyani (Unknown)
Salmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas III di SD Inpres Tondo melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas III SD Inpres 3 Tondo. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPAS. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, sementara analisis data menggunakan metode deskriptif komparatif dengan membandingkan persentase hasil belajar IPAS pada tahap pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Pada tahap pra-siklus, hanya 9 siswa (45%) yang mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 11 siswa (55%), dan pada siklus II bertambah lagi menjadi 16 siswa (80%) yang tuntas. Penelitian ini dianggap berhasil karena memenuhi indikator kinerja, yaitu 80% siswa mencapai nilai KKM 70.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...