Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VI SD Inpres 6 Lolu pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui model pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 6 Lolu pada tahun ajaran 2024/2025 yang terletak di kelurahan Lolu Selatan kecamatan Palu Timur Kota Palu. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas VI SD Inpres 6 Lolu. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning meningkatkan keaktifan peserta didik. pada siklus pertama, keaktifan peserta didik meningkat 25%. Pada siklus kedua, meningkat lagi sebanyak 15 %. Hal ini menunjukan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terbukti dapat meningkatkan partispasi aktif siswa kelas VI SD Inpres 6 Lolu. selain itu, siswa cenderung antusias jika pembelajaran Pendidikan Pancasila menghasilkan suatu karya.
Copyrights © 2024