Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 3 (2024): EDU RESEARCH

DESCRIPTION OF SCIENCE PROCESS SKILLS OF STKIP MUHAMMADIYAH SUNGAI PENUH’S STUDENTS IN GENERAL BIOLOGY COURSE

Nana Sutrisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Keterampilan proses sains ialah kecakapan yang harus dimiliki mahasiswa dalam perkuliahan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains mahasiswa. Populasi penelitian ini ialah seluruh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Sungaipenuh yang mengambil mata kuliah Biologi Umum tahun akademik 2022/2023. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa soal tes uraian dan lembar wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sejumlah 53,84% mahasiswa masih memiliki keterampilan proses sains yang berada pada kriteria jelek, terutama pada keterampilan mengukur, memprediksi, dan menyimpulkan. Hal ini menandakan bahwa mahasiswa perlu mengembangkan keterampilan proses sains untuk mendukung mahasiswa dalam rangka memperoleh pengetahuannya sendiri. Sebanyak 38,46% berada pada kriteria cukup, dan hanya 7,70% mahasiswa yang berada pada kriteria baik. Keterampilan proses yang telah berkembang serta dikategorikan baik yang dimiliki oleh mahasiswa meliputi keterampilan mengamati, mengklasifikasikan, serta mengkomunikasikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...