Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai sebuah entitas usaha telah berusaha memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk memasarkan produknya. Permasalahan yang banyak ditemui pada BUMDes adalah konten promosi yang dibuat masih minim dan belum menarik target pasar dan konsumen potensial. Begitu pula yang terjadi di BUMDes Mitra Usaha Desa Cikakak Kabupaten Banyumas yang mengelola sebuah desa wisata. Permasalahannya bahwa mitra memiliki keterbatasan pembuatan konten promosi yang menarik karena keterbatasan pengetahuan, kemampuan dan peralatan pendukung yang belum memadai untuk pengambilan foto produk wisatanya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian kepada pengelola BUMDes tentang pentingnya menciptakan dan memvisualisasikan produk wisatanya melalui pelatihan pembuatan foto produk wisata. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan pelatihan dan pendampingan. Peserta yang dilibatkan adalah para pengurus BUMDes Mitra Usaha, Desa Cikakak. Jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 5 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan pertanyaan secara langsung di awal kegiatan dan di akhir kegiatan dalam bentuk deep interview dan membandingkan hasil praktik foto produk sebelum dan sesudah pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan peningkatan pengetahuan tentang foto produk serta peningkatan keterampilan dalam pengambilan dan penyuntingan foto
Copyrights © 2024