Pendidikan karakter merupakan suatu proses penanaman nilai-nilai karakter peserta didik melalui pemahaman dan pelaksanaan. Penanaman nilai karakter merupakan suatu cara untuk menumbuhkan peserta didik yang mempunyai sikap baik. Penanaman nilai karakter perlu pendampingan oleh guru dan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah peserta didik dapat menjadikan seseorang yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDIT Al Akbar. Sumber peneliti yang digunakan ada 3 yaitu person, place dan paper. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan yaitu: indepth interview, participant observation dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini bawasanya Implementasi pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila di SDIT Al Akbar sudah diterapkan. Lima indikator yang paling utama presentasenya adalah akhlak beragama, dimana lembaga tersebut memiliki pembiasaan agama yang tertata, selain itu ada kegiatan penerapan sekolah sak ngajine baik dalam kegiatan BTQ, pembiasaan yasin tahlil, kultum dan lain lain. Penerapan dimensi tersebut dapat mencetak peserta didik berkarakter religius dan nasioanalisme.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024