Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Verbal pada Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Kusumaningtyas, Palupi (Unknown)
Suranto, Suranto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan linguistik verbal pada peserta didik kelas 1A pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 1A di SD Muhammadiyah 2 Kauman sejumlah 18 anak. Prosedur pelaksanaan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berupa lembar observasi pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan linguistic verbal siswa kelas 1A mengalami peningkatan setelah dilakukan Tindakan pada siklus I dan siklus II dibandingkan dengan pra siklus. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kecerdasan linguistik verbal anak, khususnya dalam penggunaan media pembelajaran Flashcard untuk peserta didik kelas 1A di SD Muhammadiyah 2 Kauman. Media Flashcard bermanfaat untuk menarik perhatian peserta didik serta mampu meningkatkan peserta didik dalam hal kecerdasan linguistic verbal, kemampuan membaca serta pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disampaikan guru. Adapun saran dari penelitian ini yaitu media pembelajaran guru dapat dikembangkan lagi melalui berbagai kegiatan di dalam maupun di luar kelas. Guru juga sebaiknya menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar kemampuan kecerdasan linguistik verbal peserta didik dapat meningkat dan berkembang dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...