Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 1 (Januari 2025)

Pemaknaan Siswa, Ustadz, dan Ustadzah: Studi Fenomenologi Perubahan Bentuk Sistem Pendidikan Islam di MI Nurul Iman

Puniman, Ach. (Unknown)
Punggeti, Ratna Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Perubahan sistem pendidikan Islam di MI Nurul Iman berdampak pada struktur, kurikulum, dan memicu reaksi subjektif dari pelaku pendidikan. Ustadz dan ustadzah merasakan beban tambahan untuk menguasai keterampilan baru dan mengembangkan materi ajar sesuai kurikulum yang berubah, serta khawatir tentang efektivitas metode pembelajaran yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam pemaknaan subjektif siswa, ustadz, dan ustadzah terhadap perubahan signifikan yang terjadi dalam sistem pendidikan Islam di MI Nurul Iman. Metode penelitian yang digunakan dalam studi fenomenologi bertujuan untuk memahami makna yang dialami oleh individu atau kelompok tentang suatu fenomena. Dalam konteks penelitian ini, metode fenomenologi digunakan untuk mengeksplorasi pemaknaan siswa, ustadz, dan ustadzah terhadap perubahan bentuk sistem pendidikan Islam di MI Nurul Iman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan sistem pendidikan Islam di MI Nurul Iman berdampak positif bagi siswa, meningkatkan motivasi belajar melalui teknologi, metode interaktif, dan materi yang relevan. Penting untuk memberikan dukungan bagi siswa yang kesulitan beradaptasi dengan perubahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...