Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Peran Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menumbuhkan Sikap Moderasi Beragama Menuju Indonesia Emas Tahun 2045

Oktavia, Noviana (Unknown)
Purwowidodo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Upaya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 perlu terbentuknya karakter generasi muda-mudi yang baik. Penumbuhan sikap moderasi beragama merupakan salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk menciptakan generasi yang mampu bersaing di kancah dunia. Penumbuhan sikap moderasi beragama perlu pendampingan oleh guru, sehingga guru dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan peran guru dalam menumbuhkan sikap moderasi beragama untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin runyam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif yang menggali informasi-informasi secara mendalam. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran. Analisis data dilakukan dengan model kondensasi data yang dilakukan bersama-sama pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa MI Manba’ul ‘Ulum sudah mengetahui konsep moderasi beragama secara umum. Pada praktiknya, sikap moderasi beragama sudah sangat diterapkan di madrasah ini. Penerapan sikap moderasi beragama dilakukan oleh siswa melalui pembiasaan sholat dhuha, pembiasaan membaca surat Al-Waqi’ah setiap pagi, pembelajaran P5, dan pada pendekatan-pendekatan secara personal kepada siswa, kajian yang disampaikan oleh mubaligh, pembiasaan untuk selalu mengajarkan sikap minta maaf setelah melakukan kesalahan, dan memberikan pengertian-pengertian dasar terhadap semua agama yang ada di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...