Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Menjadikan Pembelajaran Mufradat Menyenangkan: Strategi Inovatif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab di MI

Maghfirah, Dewi Nazilatul (Unknown)
Taufik, Taufik (Unknown)
Aliwafa, Aliwafa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi dan Menghubungkan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari antara individu dan antara individu dan masyarakat. tidak ada Bahasa Seseorang tidak akan mampu menyampaikan makna perasaan Atau apa yang dia pikirkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu dengan tinjau penelitian yang ada atau penelitian literatur. Tujuan mempelajari bahasa Arab adalah Seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui sarana tertulis dan lisan Baik dan benar. Sehingga diperlukan pelatihan serta pengajaran khusus supaya seseorang bisa menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar. Siswa seringkali menganggap pembelajaran mufrodat (kosakata) bahasa Arab membosankan, terutama pada jenjang MI (Madrasah Ibtidaiyah). Hal ini dapat menghambat proses pembelajaran bahasa Arab dan menurunkan motivasi siswa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pembelajaran mufrodat menjadi tidak membosankan jadi diperlukan beberapa strategi supaya menyenangkan diantaranya Pendekatan Berbasis Permainan (Game-Based Learning) dalam Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan permainan edukatif seperti flashcards, mind mapping, ular tangga berbahasa Arab, dan tebak kata. Pemanfaatan Teknologi Digital melibatkan aplikasi pembelajaran bahasa Arab seperti Duolingo, Memrise, dan Mondly. Pembelajaran Berpusat pada Siswa memberikan pilihan kepada siswa dalam materi, metode, dan proyek, dengan metode kooperatif dalam kelompok kecil. Suasana belajar yang menyenangkan dan supportive.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...