Tujuan dari penelitian ini untuk penyelesaian masalah dalam pembelajaran matematika tidak dapat dipisahkan, hal ini dikarenakan dalam proses penyelesaian masalah melibatkan beberapa kemampuan, sebagaimana terdapat dalam tujuan pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan paradigma kontrutivisme untuk menemukan dan menggambarkan secara naratif kegiatan yang dilakukan serta dampak dari tindakan yang dilakukan Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa pada tahap mengingat siswa mampu menguraikan informasi yang ada di dalam soal, namun dalam hal ini siswa mengalami kesalahan dalam menetapkan rumus dan apa yang ditanyakan dalam soal. sehingga dalam hal ini siswa belum memenuhi tahap mengingat dan mengidentifikasi dengan sempurna. Hal serupa terjadi pada tahap menerapkan dan menganalisis sampai pada tahap mengevaluasi. Sehingga siswa memerlukan defragmentasi struktur berfikir dalam memperbaiki kesalahan. Melalui defragmentasi struktur berfikir ini siswa mampu menata ulang struktur berpikirnya. Hal ini dibuktikan dengan lengkapya hasil tes yang menunjukkan lengkapnya struktur berfikir siswa mulai dari tahap mengingat, menafsirkan, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi.
Copyrights © 2024