Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sikap toleransi peserta didik pada materi PPKn. Media ini dikembangkan dengan menampilkan kegiatan pengamatan yang bisa dilihat melalui gambar 3D dan cerita yang disajikan pada media ini. Tampilan hadist dan 3D membuat agar pembelajaran lebih bermakna dan menarik. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini mengembangkan produk dari hasil studi kasus yang ditemui oleh peneliti. Penelitian dan pengembangan media menggunakan langkah dari Borg and Gall yang dimodifikasi dalam tujuh langkah pengembangan. Media yang dihasilkan berupa Pop Up Book dengan materi PPKn. Adapun Hasil penelitian ini di ambil dari hasil validasi diperoleh dari validator ahli media dan ahli materi. Validasi ahli media memperoleh hasil prosentase 84,3% dengan kualifikasi “sangat valid” sedangkan validasi ahli materi memperoleh hasil prosentase 89,3% dengan kualifikasi “sangat valid” sehingga kedua validasi baik ahli media dan ahli materi memperoleh tingkat kualifikasi “sangat layak”. Hasil analisis yang telah terkumpul menunjukkan adanya berbedaan antara pembelajaran sebelum menggunakan media dan setelah menggunakan media.
Copyrights © 2024