Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Vol. 2 No. 4 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)

Pengaruh Perdagangan Internasional, Perdagangan Jasa, Dan Inflasi Terhadap Perumbuhan Ekonomi Di Kawasan Negara ASEAN Periode 2018-2022 Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Chandra Okspendri (Unknown)
Yulistia Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Pertumbuhan  ekonomi  merupakan  bagian  terpenting  dalam  kebijakan  ekonomi  dinegara maupun  system ekonomi  manapun.  Berdasarkan  data  dari  ASEAN Statistik   pertumbuhan  ekonomi  mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah kegiatan  ekspor  dan  inflasi. Berdasarkan dengan fenomena yang terjadi maka penelitian bertujuan mengetahuai hubungan dari Perdagangan Internasional, Perdagangan Jasa dan Inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi di ASEAN dan dalam Pandangan Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantititatif dengan dengan sifat Asosoatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang di publikasikan oleh webside resmi ASEAN statistik dan data pendukung dari webside resmi lainnya. Alat statistik yang digunakan untuk analisis data menggunakan software e-Views 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Perdagangan Internasional tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi, selanjutnya variabel Perdagangan Jasa tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan variabel Inflasi berpengaruh dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa Perdagangan Internasional, Perdagangan Jasa dan Inflasi secara bersama-sama tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kawasan ASEAN tahun 2018- 2022.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurbisman

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal ...