Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 7, No 4 (2024): Desember

Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter Siswa di Era Globalisasi

Wulandari, Innayah (Unknown)
Handoyo, Eko (Unknown)
Yulianto, Arief (Unknown)
Sumartiningsih, Sri (Unknown)
Fuchs, Philip X. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Abstract: In the era of globalization, local wisdom values are increasingly marginalized, especially among elementary school students who are exposed to foreign cultures through technology and social media. This study aims to determine the impact of globalization on students' awareness of local wisdom and the importance of integrating local cultural values in character education. Using the literature review method, it was found that globalization has reduced students' awareness of local values such as gotong royong, integrity, and responsibility, which are now replaced by individualistic lifestyles. The research findings show that although local wisdom has an important role in character development, it has not been optimized in the primary school curriculum. To overcome this challenge, integrated strategies and cooperation between teachers, schools and communities are needed.Abstrak: Di era globalisasi, nilai-nilai kearifan lokal semakin terpinggirkan, terutama di kalangan siswa sekolah dasar yang terpapar budaya asing melalui teknologi dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak globalisasi terhadap kesadaran siswa akan kearifan lokal dan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal dalam pendidikan karakter. Dengan menggunakan metode tinjauan literatur, ditemukan bahwa globalisasi telah mengurangi kesadaran siswa akan nilai-nilai lokal seperti gotong royong, integritas, dan tanggung jawab, yang sekarang digantikan oleh gaya hidup individualistis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun kearifan lokal memiliki peran penting dalam pengembangan karakter, namun belum dioptimalkan dalam kurikulum sekolah dasar. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan strategi dan kerja sama yang terintegrasi antara guru, sekolah, dan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...