Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran intuitif terhadap pemahaman siswa terhadap konsep pembagian. Media pembelajaran intuitif dirancang untuk memperluas keterlibatan siswa dalam proses pengajaran dan pembelajaran serta mendorong pemahaman konsep-konsep unik melalui visualisasi dan rekreasi intuitif. Perenungan ini menggunakan strategi pengujian dengan rencana kelompok kontrol pra-tes-pasca-tes. Subjek penelitian terdiri dari siswa sekolah dasar kelas 2 yang dipilih secara acak. Pengumpulan data yang dilakukan meliputi tes pemahaman konsep pembagian dan survei reaksi siswa terkait penggunaan media interaktif. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep pembagian dalam kelompok uji dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, siswa menunjukkan tingkat motivasi belajar yang lebih baik saat menggunakan media intuitif. Penemuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran intuitif merupakan perangkat yang efektif untuk mendukung pembelajaran sains, khususnya dalam meningkatkan pemahaman konsep pembagian. Penelitian ini memberikan saran bagi instruktur dan insinyur media pendidikan untuk mengoordinasikan inovasi intuitif ke dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Media pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep Pecahan, Metode Eksperimen
Copyrights © 2025