oleh anak-anak. Untuk meningkatkan minat dan pemahaman mereka, pengenalan konsep dasar fisika sejak dini sangat diperlukan, salah satunya melalui eksperimen sederhana. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan konsep inersia kepada anak-anak sekolah dasar di Perumahan BTN Puskopad, Sentani, Kabupaten Jayapura, dengan menggunakan eksperimen tumpukan koin. Eksperimen ini efektif untuk menggambarkan prinsip dasar inersia, yaitu kecenderungan benda untuk tetap dalam keadaan diam atau bergerak, kecuali ada gaya luar yang mengubahnya. Keunggulan eksperimen ini terletak pada kesederhanaannya yang memungkinkan anak-anak untuk mengamati dan memahami fenomena fisika secara langsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak sangat antusias dan mampu memahami konsep inersia setelah mengikuti eksperimen yang dilengkapi dengan penjelasan sederhana dan pengulangan aktif. Anak-anak terlibat secara langsung dalam eksperimen, dan pengulangan yang dilakukan membantu memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep yang diajarkan. Meskipun terdapat keterbatasan fasilitas, kegiatan ini terbukti efektif, menunjukkan bahwa eksperimen praktis dengan sumber daya minimal dapat meningkatkan pemahaman ilmiah anak-anak. Ke depan, disarankan agar lebih banyak waktu dialokasikan untuk sesi diskusi, sehingga anak-anak dapat merefleksikan konsep yang dipelajari dan mengajukan pertanyaan, yang akan semakin memperdalam pemahaman mereka.
Copyrights © 2024