Jurnal Riset Manajemen Komunikasi
Volume 4, No. 2, Desember 2024, Jurnal Riset Manajemen Komunikasi (JRMK)

Effectiveness of Humor in Advertising: Descriptive Comparative Study

Tampubolon, Cafriaty Mathylle (Unknown)
Mahadian, Adi Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Iklan humor dapat membentuk pemahaman konsumen terhadap sebuah merek atau produk, karena teknik ini dapat menarik perhatian konsumen. Sehingga pendekatan ini efektif dilakukan oleh perusahaan untuk promosi iklan produk mereka. Adanya ketidakkonsistenan pada penelitian sebelumnya, hal ini menjadi cela bagi penelitian ini untuk mencari kurangnya pengetahuan tentang efektivitas penggunaan humor dalam iklan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektivitas penggunaan humor dalam iklan melalui iklan Fituno tersebut tercapai atau tidak kepada audiens baik secara persuasi, menarik perhatian, atau mengingat pesan dari kedua iklan tersebut. Metode dari penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah efektivitas penggunaan humor dalam iklan Fituno pada akun @dennysumargoreal mendapatkan kategori efektif. Sedangkan efektivitas penggunaan humor dalam iklan “#HarusFit, Minum Fituno” mendapatkan kategori efektif. Sub variabel kompleksitas humor pada kedua iklan Fituno tidak signifikan. Namun sub variabel keterkaitan humor terhadap efektivitas penggunaan humor dalam iklan Fituno “#HarusFit, Minum Fituno” yaitu sebesar 2,1%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRMK

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Manajemen Komunikasi Jurnal Riset Manajemen Komunikasi (JRMK) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian manajemen komunikasi. JRMK ini dipublikasikan pertamanya 2021 ...