SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya
Vol 7, No 2 (2023): SWARNADWIPA

PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK BUZZ TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 METRO

Kholifatun, Kholifatun (Unknown)
Kuswono, Kuswono (Unknown)
Setiawati, Elis (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Tujuan Penelitian yang ingin dicapai adalah Untuk Pengaruh Metode Diskusi Kelompok Buzz Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data dan sumber data diperoleh dari buku, data nilai dari peserta didik dan dokumentasi, dan sumber-sumber lainya lainnya yang dapat membantu dalam mengumpulkan informasi data penelitian. Prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, eksperimen, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisa data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesisi melalui uji kesamaan dua rata-rata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-eksperimen menggunakan desain pretest-postetst control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas XI IPS 1 berjumlah 36 siswa dan XI IPS 2 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes dan angket. Teknik analisis data digunakan untuk pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 25, melalui uji Independent sample t test untuk angket dan uji Mann-Whitney untuk soal test. Hasil analisis uji t untuk variabel prestasi belajar diperoleh nilai signifikan 0,030 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode buzz group terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada materi Proklamasi Kemerdekaan. Sedangnkan hasil uji t untuk variabel aktivitas belajar siswa diperoleh nilai signifikansi 0,315 > 0,05 artinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah metode diskusi kelompok Buzz tidak memberikan pengaruh yang lebih terhadap Aktivitas belajar siswa namun diskusi kelompok Buzz berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Metro.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

swarnadwipa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

The focus and scope of this journal are: Deep History: This journal explores history with an in-depth approach to unearth valuable pieces of the past that influenced the development of society and culture. Social Dynamics: Involves careful analysis of changes and evolution in social structures, ...