Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 4 (2024): November

Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Quizizz IPAS Kelas V SDN 8 Cakranegara

Latifah, Yana (Unknown)
I Wayan Merta (Unknown)
Nursiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas akibat metode pengajaran konvensional yang cenderung monoton dan membosankan, sehingga siswa kehilangan fokus. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menggunakan media pembelajaran Quizizz sebagai alternatif guna meningkatkan keaktifan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V di SDN 8 Cakranegara melalui penggunaan Quizizz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 21 siswa sebagai subjek. Keberhasilan penelitian diukur dengan indikator tercapainya tingkat keaktifan siswa minimal 70%. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus I, rata-rata nilai keaktifan siswa adalah 52,2% yang masuk dalam kategori cukup. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan, di mana rata-rata keaktifan siswa pada pertemuan pertama dan kedua mencapai 73,81% yang masuk kategori tinggi. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Quizizz dalam pembelajaran IPAS kelas V dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru dalam memanfaatkan media Quizizz untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...