Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 5 No. 4 (2024): November

Pengaruh Platform Let’s Read Terhadap Peningkatan Literasi Membaca Siswa Kelas III SD Negeri Bangka

Hafazah, Nurul (Unknown)
Sukri, Sukri (Unknown)
Erfan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Platform Let’s Read terhadap peningkatan literasi membaca siswa kelas III SD Negeri Bangka, Dusun Bangka Malang, Desa Durian, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Pretest dan Posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji coba instrument yang meliputi Uji Validitas dan Uji Reliabelitas, Uji Prasyarat analisis data menggunakan Uji Normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Platform Let’s Read terhadap peningkatan literasi membaca siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000. Nilai sig.(2-tailed) < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Platform Let’s Read terhadap peningkatan literasi membaca siswa kelas III SD Negeri Bangka.Keywords: Platform Let’s Read, Literasi Membaca

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...