Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh model problem based learning berbantuan PhET simulation terhadap hasil belajar fisika peserat didik. Jenis penelitian yang digunakana addalah quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest postest control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Masbagik. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan cluster random sampling dengan kelas XI MIPA 1 sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model problem based learning berbantuan media PhET simulation dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model konvensional. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan uji-t cuplikan kembar dengan taraf signifikan 5% yang mengahasilkan nilai thitung hasil belajar fisika peserta didik sebesar 3.49 lebih besar daripada nilai ttabel yaitu 2.00 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media PhET simulation terhadap hasil belajar fisika peserta didik dan hasil ini diperkuan oleh N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai N-Gain kelas kontrol.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025