Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Peningkatan Pemahaman dan Keaktifan Peserta Didik Melalui Penggunaan Aplikasi Baamboozle Matematika Kelas IV

Nur Rizki Ariyanti (Unknown)
Eka Junaidi (Unknown)
Supriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Proses pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar kerap kali menghadapi tantangan yang cukup besar, terutama dalam meningkatkan pemahaman dan keaktifan peserta didik. Salah satu alternatif yang dapat menjawab tantangan ini adalah dengan memanfaatkan teknologi pendidikan berbasis aplikasi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan peserta didik kelas IV di SDN 46 Ampenan dalam pembelajaran matematika peneliti menggunakan aplikasi Baamboozle. Pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) diterapkan dalam dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar, wawancara dengan peserta didik, serta tes pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Baamboozle dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pecahan dengan rata-rata kenaikan nilai dari 65 pada pra-siklus menjadi 85 pada siklus kedua. Selain itu, tingkat keaktifan peserta didik meningkat secara signifikan hingga mencapai 90%. Dengan hasil ini, aplikasi Baamboozle dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran inovatif yang efektif dan menyenangkan di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...