Asghar: Journal of Children Studies
Vol 4 No 2 (2024): Desember 2024

Implikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence ) pada Proses Penerapan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Rosita (Unknown)
Naila Tamimi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Proses pembelajaran bisa menggunakan berbagai media untuk memudahkan prosesnya, yang bertujuan untuk mengembangkan aspek perkembangan serta kemampuan anak. Perkembangan media yang begitu pesat, seperti penggunaan AI (artificial intelegence) di berbagai bidang mulai marak. Sehingga tidak menutup kemunkinan, pendidik suatu saat akan dominan dibantu oleh AI (artificial intelegence). Namun penanaman karakter serta pembiasaan sikap baik pada anak usia dini membutuhkan penguatan dan role model yag kuat dari pembimbing atau guru yang tidak hanya menginstruksikan. Dan proses pendidikan karakter dan penanaman nilai ibadah melalui kecerdasan buatan ini sepatutnya menjadi hal yang layak diamati secara mendalam. Karena proses penanaman pendidikan karakter melalui kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) harus memiliki pedoman (guideline) yang tepat, khususnya pada pendidikan awal anak ( Anak Usia Dini/ TK/RA atau SD kelas awal). Penelitian ini menganalisa tentang dampak dari proses pembelajaran karakter anak usia dini dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan (artificial intelegence). Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

asghar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Program, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, ...