Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary
Vol 2, No 2 (2024): Desember 2024

Interaksi Pasangan Sesama Lelaki BxB Dalam Permainan RolePalay Idol K-Pop di Twitter (X)

Aldiyah, Windy (Unknown)
Iqbal, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara berinteraksi pasangan bxb dalam permainan roleplay yang terdaat di twitter (X) dengan menggunakan teori interaksi simbolik yang dicetuskan oleh George Herbert Mead. Penelitian ini berfokus pada Mengindentifikasi aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh pasangan BxB dalam permainan roleplay yang ada di Twitter (x) dan menganalisis cara pasangan BxB dalam memaknai simbol-simbol yang digunakan sebagai representasi pesan yang di sampaikan oleh para pasangan roleplay. Metode penelitian yang  digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi virtual, dengan mengekplorasi dan merefleksikan implikasi-implikasi dari interaksi dan komunikasi terdapat di internet melalui permainan roleplay idol kpop yang terdapat di twitter (X). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara virtual di Twitter (X). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Analisis Media Siber (AMS) yang terdapat beberapa tingkat tahapan yaitu level ruang media, level dokumen media, level objek media, dan level pengalaman. Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil sebagai berikut: 1) Aktivitas pasangan roleplayer diadaptasi dari kehidupan nyata sehingga para pasangan roleplayer akan menjalin hubungan romansa seperti pada umumnya, adapun aktivitas itu berupa pelukan, ciuman, merayakan aniversarry dan lain-lain yang dilakukan secara virtual melalui direct massege. 2) Cara pasangan BxB dalam memaknai simbol-simbol sebagai representasi pesan yang di Sampaikan ada beberapa cara yaitu melalui imagine, foto, video, atau gif, serta ragam bahasa berupa texing. 3) Penggunaan teori interaksi simbolik George Herbert Mead pada penelitian ini berfokus pada bagaimana simbol-simbol seperti foto, emotikon, layout, imagine dan gaya mengetik dapat berguna untuk membangun identitas, peran, ekspresi dan emosi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jerumi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Nursing Social Sciences

Description

JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary dengan nomor ISSN terdaftar 3025-7999 (Cetak) dan 3025-7980 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary ...