Jurnal Al-Maun
Vol. 4 No. 2 (2024): Desember (2024)

SOSIALISASI TENTANG UMKM DAN PEMBAYARAN MELALUI DOMPET DIGITAL (QRIS) DIPASAR MINGGU KECAMATAN BINDURIANG KABUPATEN REJANG LEBONG PROVINSI BENGKULU

Dayang Dea Dwi Sari (Unknown)
Dila Puspita (Unknown)
Bahrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, sistem pembayaran jual beli pun mengalami banyak sekali modifikasi. Peneliti tertarik untuk melakukan sosialisasi mengenai alat pembayaran digital QRIS Barcode guna memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat Desa Pasar Minggu. Fenomena yang terjadi adalah banyak masyarakat yang menggunakan dompet digital untuk membayar sesuatu saat proses pembelian, namun masih banyak pula yang belum mengetahuinya. Beberapa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) turut serta dalam kegiatan sosialisasi pembayaran QRIS. Di Kecamatan Binduriang, Desa Pasar Minggu menjadi lokasi kegiatan ini. Dalam rangka bersaing di era digitalisasi, sosialisasi ini dilaksanakan guna mendongkrak pemasaran. Dari data yang terkumpul, pendekatan kualitatif fenomenalogi digunakan dalam proses penyusunan penelitian ini. Sosialisasi ini diikuti oleh mahasiswa, pelaku UMKM, dan masyarakat sekitar yang membahas mengenai pengertian barcode QRIS dan cara penggunaannya. Sistem pembayaran digital bernama QRIS ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun secara umum, keunggulan sistem pembayaran digital ini adalah mampu bersaing di era digitalisasi, mampu menekan inflasi karena besarnya jumlah uang masyarakat. Kata kunci: QRIS, UMKM, dan Digitalisasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

almaun

Publisher

Subject

Religion Arts Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Al-Maun merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masayarakat yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal ini merupakan media informasi, komunikasi dan sosialisasi hasil-hasil pengabdian ...