Pembelajaran matematika realistik berkaitan dengan sekeliling kita, sesuatu yang pernah dialami siswa dalam hal yang biasa dilakukan tiap harinya, dan matematika diterapkan sebagai kegiatan siswa. Siswa – siswa yang berkegiatan ini diarahkan untuk dapat mencari penyelesaian secara mandiri masalah yang dihadapi pada setiap harinya. Pada Pembelajaran matematika realistik ini pendidik diperkenankan berpartisipasi menjadi mentor, mengawasi, memandu, dan mengarahkan, sedangkan siswa melakukan penalaran dan adaptasi dengan menyesuaikan atau mengkondisikan hal yang berkaitan dengan menghargai suatu pendapat dari pihak yang terlibat. Penelitian dalam artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman matematika siswi kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putri Ganjaran Gondanglegi Malang dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Penelitian dalam artikel ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswi kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putri Ganjaran Gondanglegi Malang sebanyak 30 siswi. Materi yang digunakan yaitu materi peluang. PTK ini dilakukan dengan 3 siklus dimana masing – masing siklus dilakukan 2 pertemuan, dan tiap siklusnya terdapat 4 tahapan, yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Menurut hasil penelitian yang telah dihasilkan, dapat diambil kesimpulan bahwa keaktifan siswa meningkat menjadi 85% pada siklus 3, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dengan rata – rata nilai sebesar 88 di siklus 3, dan ketuntasan belajar siswa pun meningkat di siklus 3 sebayak 26 siswi dari 30 siswi atau secara presentase meningkat menjadi 86,67%.
Copyrights © 2024