Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam
Volume 4, No. 2, Desember 2024, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)

Implementasi Program Mentoring Alquran untuk Meningkatkan Kualitas Hafalan Peserta Didik MAN Cimahi

Ahda Sabilal Mustofa (Unknown)
Masnipal (Unknown)
Iwan Sanusi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Abstract. This study aims to find out the planning, implementation, supporting and inhibiting factors, and results of the Qur'an mentoring program to improve the quality of memorization of MAN Cimahi City students. This study uses a qualitative approach with a case study method. The data collection used is observation, interviews and documentation. Data analysis techniques include data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawn. The results of the study show that (1) The planning of this program is in the form of selecting mentors, the media used, and the materials used (2) The implementation of learning is divided into three stages, namely the preparation, implementation, and assessment stages (3) internal supporting factors of intentions, and motivational factors of students, external supporting factors for the fulfillment of facilities and infrastructure; Internal inhibiting factors lack of ability to read the Quran, makharijul letters, and tajwid: external inhibiting factors lack of number of mentors and time (4) The results of the Qur'an mentoring program increase the quality of Qur'an memorization with indicators that students can read and memorize the Qur'an in accordance with the rules of tajweed science. Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat, dan hasil Program mentoring Alquran untuk meningkatkan kualitas hafalan peserta didik MAN Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan program ini berupa pemilihan mentor, media yang digunakan, dan materi yang digunakan (2) Pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian (3) faktor pendukung internal niat, dan faktor motivasi peserta didik, faktor pendukung eksternal terpenuhinya sarana dan prasarana; faktor penghambat internal kurangnya kemampuan membaca Alquran, makharijul huruf, dan tajwid: faktor penghambat eksternal kurangnya jumlah mentor dan waktu (4) Hasil dari program mentoring Alquran meningkatnya kualitas hafalan Alquran dengan indikator peserta didik dapat membaca, dan menghafal Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRPAI

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu empirik dalam sub kajian Pendidikan Agama Islam. JRPAI ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2797-2852 yang ...