Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG

Setiawati, Risma Cahya (Unknown)
Handayani, Ucik Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian yakni untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis calon guru matematika saat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan materi peluang. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan 17 mahasiswa jurusan Tadris Matematika Universitas Al-Qolam Malang. Data dikumpulkan melalui tes uraian yang menilai kefasihan, keluwesan, kebaruan, dan kerincian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas calon guru menggunakan lebih dari satu metode untuk menghitung, tetapi terdapat beberapa yang masih kurang tepat. Persentase yang diperoleh terbagi dalam kategori sangat kreatif (0%), kreatif (29,41%), cukup kreatif (35,31%), kurang kreatif (17,64%), dan sangat kurang kreatif (17,64%). Indikator kefasihan yang dapat dipenuhi mencapai persentase 70,59%, keluwesan 75%, kebaruan 27,94%, dan kerincian 27,94%. Secara keseluruhan, kemampuan berpikir kreatif matematis calon guru matematika dianggap cukup kreatif, tetapi masih belum optimal dalam indikator kerincian dan kebaruan. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk merancang model pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, terutama dalam hal kerincian dan kebaruan, serta untuk meningkatkan penggunaan teknologi dalam pendidikan matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JMP is a an open access journal which publishes research articles, reviews, case studies, guest edited thematic issues and short communications/letters in all areas of mathematics, applied mathematics, applied commutative algebra and algebraic geometry, mathematical biology, physics and engineering, ...