PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 9 No. 2 (2024)

Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP pada Materi Cahaya dan Alat Optik menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Peer Tutor

Widiyarti, Mega Asyha (Unknown)
Arfiani, Yuni (Unknown)
Hayati, Muriani Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan peer tutor dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran project based learning tanpa bantuan peer tutor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan quasi experimental design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di kelas VIII A dan kelas VIII E di SMP N 19 Kota Tegal. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes (pretest-posttest) dan non tes. Pengujian dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows dan Microsoft Exel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan peer tutor dengan persentase rata-rata sebesar 79% dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran project based learning tanpa bantuan peer tutor diperoleh persentase sebesar 74% dan dibuktikan dengan hasil analisi Uji T (Independent Sample T-Test) yaitu didapat nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 atau lebih kecil dari 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...