PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 9 No. 2 (2024)

Pengembangan Tes Pengetahuan Hakikat Sains pada Pelajaran IPA di SMP dengan Tema Cahaya dan Alat Optik

Lestari, Niken Ayu (Unknown)
Susongko, Purwo (Unknown)
Hayati, Muriani Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) validitas produk berupa tes pengetahuan hakikat sains, (2) karakteristik tes pengetahuan hakikat sains. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa SMP Negeri 3 Talang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII tahun ajaran 2022/2023 SMP Negeri 3 Talang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang dibatasi hanya sampai tahap Development. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, tes, dan angket. Butir-butir tes pengetahuan hakikat sains telah memenuhi validitas ditinjau dari aspek isi, aspek psikometri, dan aspek konstrak. Validasi aspek konstrak memberikan hasil: (a) item fit tes pengetahuan hakikat sains dinyatakan fit atau dapat berfungsi dengan baik, (b) person fit menghasilkan sebanyak 100 respon peserta tes dikatakan fit atau sesuai dengan model, (c) tes pengetahuan hakikat sains bersifat unidimensi. Karakteristik butir soal dilihat dari tingkat kesukaran butir tes dengan hasil 30 % soal mudah, 60 % soal sedang, dan 10% soal sukar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...