Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 17, No 1 (2024)

Eksplorasi Faktor – Faktor yang Berpengaruh pada Peningkatan Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee

Hanfan, Ahmad (Unknown)
Hudi, Fatkhurohman Alan (Universitas Pancasakti Tegal)
Prihadi, Deddy (Universitas Pancasakti Tegal)
Nupus, Hayati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan internet yang semakin berkembang. Saat ini, terdapat berbagai macam marketplace yang digunakan untuk melakukan jual beli. Marketplace sudah banyak tersedia di Indonesia salah satunya shopee menjadi marketplace yang sering dikunjungi. Semakin maraknya penggunaan marketplace ini tidak terlepas dari beberapa hal yang mempengaruhi dalam melakukan pembelian. Sehingga penelitian ini mengangkat permasalahan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, user experience dan kemudahan akses terhadap keputusan pembelian melalui shopee. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Sampel sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan penyebaran melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh online customer review, user experience dan kemudahan akses terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Management and Business is a journal containing scientific articles on financial management, marketing management, human resource management, operational management, strategic management, good corporate governance, business, management information systems, organizational behavior, and ...