Departemen supply chain management pada PT Abhimata Citra Abadi berperan dalam proses pengiriman dalam memenuhi pesanan kepada pelanggan. Namun, ketepatan waktu pengiriman barang tidak selalu dapat tercapai karena masih terjadi keterlambatan pengiriman. Selain itu, desain proses pada pengiriman berbentuk gambar diagram alir tanpa deskripsi setiap aktivitas pada proses pengiriman. Oleh karena itu, diperlukan adanya aliran proses yang dapat meminimalisir keterlambatan pengiriman barang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagan proses aliran pada pengiriman barang dengan cara menghilangkan pemborosan, menggabungkan, menyederhanakan guna pengiriman dapat tepat waktu sesuai dengan target perusahaan pada proses pengiriman barang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif serta bagan proses aliran. Hasil penelitian ini menemukan penyederhanaan waktu proses pada aktivitas menunggu persetujuan tanda tangan dokumen purchase order PO delivery dan menghilangkan proses pembuatan dokumen delivery order yang dibuat oleh bagian finance menjadi bagian supply chain management dapat menghemat waktu pengiriman barang. Rekomendasi desain proses pengiriman barang menggunakan bagan proses aliran diharapkan dapat mengurangi waktu perpindahan barang yang berhubungan dengan frekuensi perpindahan material dan waktu proses untuk alur pengiriman barang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024