Latar Belakang: Pentingnya kemampuan mengelola keuangan secara bijak sejak dini menjadi perhatian utama dalam meningkatkan literasi keuangan anak usia sekolah dasar (SD). Tantangan berupa rendahnya pemahaman anak terkait konsep dasar keuangan, terutama pada anak yang terlibat kegiatan TWK, menjadi fokus pengabdian ini. Tujuan: Program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan anak, melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, dan menyediakan media interaktif berupa Board Game. Metode: Metode yang digunakan meliputi persiapan, pembuatan prototipe, sosialisasi, implementasi, serta evaluasi Board Game. Hasil: Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman anak tentang menabung, dapat membedakan antara kebutuhan, dan keinginan, berdonasi, serta membuat anggaran yang sederhana dalam memenuhi keinginan. Keterlibatan orang tua juga memperkuat pembelajaran anak serta menciptakan komunikasi yang lebih efektif. Kesimpulan: Board Game terbukti sebagai media pembelajaran yang efektif dari pada media konvensional. Program ini memiliki potensi untuk diimplementasikan di sekolah dasar lainnya.
Copyrights © 2024