Journal of Education Research
Vol. 6 No. 1 (2025)

Evaluasi Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka di SMA IT Fadhilah Pekanbaru: Studi Kasus pada Tahun Ajaran 2023/2024

Zulfina, Ilma (Unknown)
Suasti, Yurni (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMA IT Fadhilah Pekanbaru dengan fokus perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi pada bulan Mei 2024, yang kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dimulai dengan penyusunan KOSP dan pembentukan tim kurikulum. Pengorganisasian melibatkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berbasis proyek. Pelaksanaan kurikulum menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek dan diferensiasi. Evaluasi dilakukan melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, dengan program remedial dan pengayaan bagi siswa.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kurikulum merdeka di SMA IT Fadhilah telah diterapkan secara efektif, namun membutuhkan penguatan pada aspek pelatihan guru dan pengelolaan evaluasi berbasis teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...