Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMA IT Fadhilah Pekanbaru dengan fokus perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi pada bulan Mei 2024, yang kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dimulai dengan penyusunan KOSP dan pembentukan tim kurikulum. Pengorganisasian melibatkan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berbasis proyek. Pelaksanaan kurikulum menggunakan strategi pembelajaran berbasis proyek dan diferensiasi. Evaluasi dilakukan melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif, dengan program remedial dan pengayaan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kurikulum merdeka di SMA IT Fadhilah telah diterapkan secara efektif, namun membutuhkan penguatan pada aspek pelatihan guru dan pengelolaan evaluasi berbasis teknologi.
Copyrights © 2025