Motivasi berperan penting dalam pembelajaran, namun dalam kenyataannya, motivasi siswa dalam pembelajaran sangat kurang, hal ini disebabkan kurangnya variasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh peningkatan motivasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruh peningkatan motivasi belajar dalam pembelajran PJOK pada siswa kelas X SMK PGRI 13 Kota Surabaya, melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Team Game Tournamnen. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen murni (True Experimental Design) dan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan sampel siswa kelas X BD 1 sebagai kelompok kontrol dan kelompok kelas X BD 2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 35 siswa untuk masing-masing kelas .Hasil yang didapatkan menunjukkan terdapat penignkatan yang signifikan dari hasil pretest ke posttest kelompok eksperimen menghasilkan peningkatan sebesar 14,253%. Maka dapat disimpulkan, model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 13 Kota Surabaya.
Copyrights © 2024