Media pembelajaran perlu dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan proses pembelajaran. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar akan menghasilkan output yang memuaskan. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media ajar dalam bentuk modul ajar berbasis SKKNI 304/2019. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), model pengembangan ini adalah Borg and Gall (1983) menyusun 10 alur langkah. Hasil dari penelitian mengetahui bahwa modul ajar berbasis SKKNI 304/2019 yang dikembangkan dinyatakan “Layak” menurut ahli media 79,69%, menurut ahli materi 80,92% dan menurut respon pengguna 82,14%. Berdasarkan uji Wilcoxon, diperoleh nilai sig- sebesar 0,000. Angka ini menunjukkan bahwa siswa konsentrasi keahlian TITL mengalami peningkatan hasil belajar pada kompetensi Instalasi Penerangan Jalan Umum.
Copyrights © 2024