Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Penguasaan Konsep Biologi

Cahyani, Putri (Unknown)
Muhlis (Unknown)
Bahri, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal yang membuat proses dalam pembelajaran lebih mudah dalam memahami materi dan tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran biologi sangat memerlukan media pembelajaran dalam proses mengajar, hal ini disebabkan karena materi biologi bersifat abstrak, sehingga hal itu untuk menyesuaikan dengan kapasitas kognitif siswa yang masih bersifat operasional-konkret. Pembelajaran biologi di MAN 1 Lombok Tengah jarang menggunakan media pembelajaran termasuk media berbasis Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi berbasis aplikasi Canva terhadap penguasaan konsep biologi kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan non-equivalalent control group design Populasi siswa yaitu seluruh kelas X yang terdiri atas 5 kelas dengan total siswa berjumlah 203 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dalam hal ini didapatkan kelas X4 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep biologi siswa adalah tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 23 soal. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Anacova dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Hasil penelitian penguasaan konsep diperoleh nilai Sig. (α) = 0,016 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi berbasis aplikasi Canva berpengaruh terhadap penguasaan konsep biologi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...