Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Pembelajaran Outdoor Learning Berbantuan Lingkungan Sekitar Sekolah

Rahimawati, Rahimawati (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)
Muliana, Muliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pembelajaran di luar kelas yang memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dapat membantu siswa memahami konsep-konsep pelajaran dengan baik. Dengan belajar secara langsung di alam atau lingkungan sekitar, siswa diharapkan lebih mudah mengaitkan teori dengan praktek. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, yaitu keseluruhan populasi menjadi sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Pre-Experimental dimana hanya menggunakan satu kelas eksperimen sedangkan instrument yang digunakan yaitu lembar tes, kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan pemberian Pre-test (tes di awal pembelajaran) dan Post-test (tes di akhir pembelajaran). Data analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa metode pembelajaran outdoor learning berbantuan lingkungan sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa sebesar 25%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran outdoor learning berbantuan lingkungan sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar maupun motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...