Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SD Negeri Se- Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru

Nasri, Nurhadisyah (Unknown)
Makhdalena, Makhdalena (Unknown)
Daud, Afrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel motivasi kerja dan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik, motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik, dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Responden penelitian ini adalah guru SD Negeri Se-Kecamatan Payung sekaki kota Pekanbaru yang berjumlah 192 orang dengan sampel 130. jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini bersifat ex-post facto, yaitu jenis penelitian yang variabel independennya merupakan peristiwa yang sudah terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh motivasi kerja terhadap Kompetensi pedagogik guru, hasil uji hipotesis secara parsial yang menunjukkan bahwa bahwa nilai signifikan 0,009 < 0,05, dan nilai  motivasi kerja sebesar 3.344. Dengan demikian diperoleh bahwa  artinya  ditolak dan diterima. Hal ini berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi kerja terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Terdapat pengaruh  supervisi akademik kepala sekolah terhadap Kompetensi pedagogik guru, hasil uji hipotesis secara parsial yang menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05, dan nilai  supervisi akademik kepala sekolah sebesar 4.040. Dengan demikian diperoleh bahwa  artinya  ditolak dan diterima. Hal ini berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel supervisi akademik kepala sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. besarnya pengaruh motivasi kerja dan supervisi akademik kepala sekolah sebesar 0,343 atau 34,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi kerja dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel motivasi kerja dan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik, motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik, dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Responden penelitian ini adalah guru SD Negeri Se-Kecamatan Payung sekaki kota Pekanbaru yang berjumlah 192 orang dengan sampel 130. jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini bersifat ex-post facto, yaitu jenis penelitian yang variabel independennya merupakan peristiwa yang sudah terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh motivasi kerja terhadap Kompetensi pedagogik guru, hasil uji hipotesis secara parsial yang menunjukkan bahwa bahwa nilai signifikan 0,009 < 0,05, dan nilai  motivasi kerja sebesar 3.344. Dengan demikian diperoleh bahwa  artinya  ditolak dan diterima. Hal ini berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi kerja terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Terdapat pengaruh  supervisi akademik kepala sekolah terhadap Kompetensi pedagogik guru, hasil uji hipotesis secara parsial yang menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05, dan nilai  supervisi akademik kepala sekolah sebesar 4.040. Dengan demikian diperoleh bahwa  artinya  ditolak dan diterima. Hal ini berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel supervisi akademik kepala sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. besarnya pengaruh motivasi kerja dan supervisi akademik kepala sekolah sebesar 0,343 atau 34,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi kerja dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh variabel motivasi kerja dan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik, motivasi kerja terhadap kompetensi pedagogik, dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Responden penelitian ini adalah guru SD Negeri Se-Kecamatan Payung sekaki kota Pekanbaru yang berjumlah 192 orang dengan sampel 130. jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini bersifat ex-post facto, yaitu jenis penelitian yang variabel independennya merupakan peristiwa yang sudah terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh motivasi kerja terhadap Kompetensi pedagogik guru, hasil uji hipotesis secara parsial yang menunjukkan bahwa bahwa nilai signifikan 0,009 < 0,05, dan nilai  motivasi kerja sebesar 3.344. Dengan demikian diperoleh bahwa  artinya  ditolak dan diterima. Hal ini berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi kerja terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Terdapat pengaruh  supervisi akademik kepala sekolah terhadap Kompetensi pedagogik guru, hasil uji hipotesis secara parsial yang menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05, dan nilai  supervisi akademik kepala sekolah sebesar 4.040. Dengan demikian diperoleh bahwa  artinya  ditolak dan diterima. Hal ini berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel supervisi akademik kepala sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. besarnya pengaruh motivasi kerja dan supervisi akademik kepala sekolah sebesar 0,343 atau 34,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi kerja dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SD Negeri Se-Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...