Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Pengaruh Model Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas

Adha, Diyaul (Unknown)
Kusmiyati (Unknown)
Bahri, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2024

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang melibatkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah sehingga peserta didik memperoleh pengetahuan dan memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi kelas X IPA di MA Hidayatul Islamiyah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalen control group design. Penelitian ini dilakukan di MA Hidayatul Islamiyah. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA di MA Hidayatul Islamiyah. Data dikumpulkan berdasarkan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes pilihan ganda. Lembar tes hasil belajar diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran materi perubahan lingkungan diajarkan. Ada beberapa uji prasyarat yang digunakan sebelum uji hipotesis dilakukannya uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data secara statistik menggunakan uji-t dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil analisis uji-t adalah 0,002 < 0,05 sehingga penggunaan model Problem-Based Learning (PBL) secara signifikan meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...