Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan Character Education Integrated Inquiry E-book terhadap literasi sains siswa SMP Negeri 2 Selong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasĀ  VIII sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda berupa soal literasi sains sebanyak 10 butir. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat antara lain uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan uji Ancova (Analysis of Covariance) berbantuan Software SPSS 23. Tingkat efektifitas media pembelajaran diukur menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.037 yang berarti lebih besar dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Character Education Integrated Inquiri E-book terhadap literasi sains siswa SMP Negeri 2 Selong yang positif dan signifikan dengan presentasi nilai N-Gain termasuk cukup efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024