Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Pengembangan Media PowerPoint Interaktif Untuk Pemahaman Diri Siswa Mengenai Edukasi Seksual

Hayati, Husnul (Unknown)
Angga, Prayogi Dwina (Unknown)
Makki, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media PowerPoint interaktif untuk pemahaman diri siswa mengenai edukasi seksual di kelas I SDN Pemepek yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan oleh Sugiyono dimana terdapat sepuluh langkah pengembangan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pemepek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pemepek sebanyak 29 orang dan seorang guru mata pelajaran PJOK SDN Pemepek. Sedangkan, objek penelitian ini adalah media PowerPoint interaktif untuk pemahaman diri siswa mengenai edukasi seksual. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, serta angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala Guttman dengan skor penilaian yaitu 0 atau 1 yang meliputi analisis data kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media PowerPoint interaktif untuk pemahaman diri siswa mengenai edukasi seksual mendapatkan persentase 85,71% dengan kriteria sangat valid dari ahli media, persentase 100% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, persentase 90% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru pada uji coba produk, persentase 92,14% dengan kriteria sangat praktis dari respon siswa pada uji coba produk, persentase 100% dengan kriteria sangat praktis dari respon guru pada uji coba pemakaian, dan persentase 94,82% dengan kriteria sangat praktis dari respon siswa pada uji coba pemakaian. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint interaktif untuk pemahaman diri siswa mengenai edukasi seksual sudah valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas I SDN Pemepek.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...