Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Pengaruh Minat Baca Berbasis Literasi Dasar Dengan Media Big Book Terhadap Hasil Belajar Siswa

Apriani, Dewi (Unknown)
Harianti, Hartini (Unknown)
Maritasari, Donna Boedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar  siswa yang menggunakan media pembelajaran big book dengan siswa yang menggunakan media buku siswa biasa. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan factorial desain 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normlitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan uji anava dengan menggunakan program SPSS versi 29.0 for windows. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media big book dengan media buku siswa biasa karena nilai F adalah 38,489  dengan signifikansi 0,001<0,05. Terdapat interaksi antara minat baca dengan media big book terhadap hasil belajar siswa. Karena nilai F adalah 5,944 dengan signifikansi 0,024<0,05. Hasil belajar siswa yang memiliki minat baca tinggi yang dibelajarkan dengan media big book lebih tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki minat baca tinggi yang dibelajarkan dengan media buku siswa biasa. Karena minat baca tinggi yang dibelajarkan dengan media big book nilai rata-rata 88,50 sedangkan nilai rata-rata siswa minat baca tinggi yang dibelajarkan dengan media buku siswa biasa yaitu 72,00. Hasil belajar siswa yang memiliki minat baca rendah yang dibelajarkan dengan media big book lebih tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki minat baca rendah yang dibelajarkan dengan media buku siswa biasa. Karena minat baca rendah yang dibelajarkan dengan media big book nilai rata-rata 88,17 sedangkan nilai rata-rata siswa minat baca rendah yang dibelajarkan dengan media buku siswa biasa yaitu 65,67.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...