Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD

Lestari, Winda (Unknown)
Handoyo, Eko (Unknown)
Raharjo, Tri Joko (Unknown)
Subali, Bambang (Unknown)
Avrilianda, Decky (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana pembelajaran berbasis masalah (PBM) mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Tujuannya adalah mengetahui apakah PBM dapat membantu siswa memahami dan menguasai matematika lebih baik dibandingkan metode pengajaran tradisional. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan dua kelompok: satu kelompok diajarkan dengan PBM, sementara kelompok lainnya menggunakan metode konvensional. Data diperoleh melalui tes awal dan tes akhir untuk mengukur kemampuan matematika siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan PBM mendapatkan skor yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan siswa yang diajar dengan metode tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa PBM efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...