Kurang optimalnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di kelas V SD. Tujuan ini dasarkan pada hasil analisis yang menunjukkan bahwa belum optimalnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE dengan tiga tahap yaitu Anaysis, Design, Development. Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA. Tahap desain melibatkan perencanaan modul pembelajaran yang mengintegrasikan aktivitas outdoor learning dengan alur MERDEKA. Pengembangan modul dilakukan dengan merancang materi dan aktivitas yang interaktif dan menarik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri Sekolah Binaan I Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Hal ini terlihat dari pemerolehan N GainĀ skor rata-rata yaitu 0,806498609 dengan kategori sangat efektif.
Copyrights © 2024