Adanya siswa Sekolah Dasar kelas tinggi belum bisa fokus dalam mendengarkan dan membaca karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa di ruang kelas.. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan Strategi Direct Listening Thinking Approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak di tingkat sekolah dasar terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan siklus, di mana setiap siklus melibatkan observasi dan wawancara untuk memperdalam pemahaman serta mengklarifikasi temuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, 72% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang meningkat menjadi 78% pada siklus kedua. Rata-rata nilai hasil belajar siswa juga meningkat, dari 63 pada siklus I menjadi 74,7 pada siklus II. Selain itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari 63% pada siklus I menjadi 70% pada siklus II, sementara aktivitas guru meningkat dari 64% pada siklus I menjadi 78% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi DLTA efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa dan memperbaiki efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024